Selasa, 18 Agustus 2009

Atasi Insomnia dengan Lobak


Banyak orang yang kurang menyukai lobak karena rasanya yang sedikit pedas serta memiliki bau khas yang agak menyengat. Padahal rasa pedas yang dihasilkan dari senyawa glikosida yang terdapat pada buah dan daun lobak dapat menyembuhkan rasa ngilu di perut. Buah itu juga dapat mengatasi insomnia atau kesulitan tidur.

Menurut ilmu kedokteran tiongkok, lobak putih atau lobak Cina yang memiliki nama Raphanus Sativa itu baik untuk organ vital manusia. Lobak mengandung karbohidrat, energi, vitamin, mineral, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, dan niacin.

Mengonsumsi lobak secara rutin dipercaya dapat memperhalus kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam lobak berkhasiat sebagai antioksidan dan dapat menghambat senyawa melanin.

Lobak juga dapat digunakan sebagai 'senjata' saat pelangsingan karena lobak dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, lobak juga mengandung enzim diastase yang dapat melancarkan pencernaan dan mengahalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh.

Untuk mengobati sakit di bagian perut, Anda dapat mencoba resep tradisional. Ambil Lobak Cina lalu diparut dan diberi garam sedikit. Lalu letakkan parutan tersebut di dalam wadah dan didiamkan sekitar 5 jam. Setelah itu, saringlah air endapan Lobak Cina tersebut, dan air saringan lobak tersebut diminum jika mau tidur. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna ulangi cara ini 4 sampai 5 hari berturut-turut.

Bagi perokok berat, kandungan minyak atsiri, rafanol dan rafarin dapat menetralisir racun rokok. Cara untuk mengatasi rasa sesak atau penyakit paru akibat terlalu banya merokok dapat dengan perasan air lobak. Minumlah air perasan lobak sekali tiap tiga bulan.

Lobak juga bisa mengatasi sulit tidur atau insomnia, karena bersifat anti-insomnia, hipnotis dan saforis. Dengan mengonsumsi lobak, kegelisahan penederita insomnia akan berkurang. Dengan begitu tubuh dapat lebih rileks dan dapat tidur nyanyak.

Kemudian, untuk tenggorakan yang terasa serak, campuran 150 gr lobak dan 5 gr jahe yang diblender dan disaring airnya dapat melegakan tenggorakan dan ampuh menghilangkan serak. (berbagai sumber/cr1/rin)


Sumber :

http://www.republika.co.id/berita/49831/Atasi_Insomnia_dengan_Lobak

19 Agustus 2009

Sumber Gambar:

http://www.deptan.go.id/daerah_new/jambi/tanjung_timur/gambar/Horti/Lobak.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar