Selasa, 18 Agustus 2009

Program Interaktif Redakan Insomnia

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, Anda boleh bersorak. Baru-baru ini, sebuah hasil penelitian menemukan metode yang berguna mengatasi penyakit insomnia. Sebuah penyakit yang cukup mengganggu produktivitas.

Seperti dikutip dari situs
ScienceDaily, program interaktif yang berbasis pada terapi perilaku kognitif dapat menjadi solusi mengatasi penyakit ini. Metode ini disebut denganinternet intervention.

Untuk mengetahui keefektifan metode ini, Lee M. Ritterband dari Universitas Virginia mengadakan penelitian terlebih dulu. Dia mengikutsertakan 44 partisipan yang mengalami insomnia. Lalu, program interaktif diterapkan pada 22 orang yang mengalami gangguan tidur. Adapun program interaktifnya berupa permainan, kuis, sketsa, animasi, grafik dan teks.

Namun, sebelumnya mereka dilarang untuk melakukan beberapa aktivitas seperti membaca, menonton televisi dan tidur-tiduran. Selain itu mereka diminta untuk mengubah gambaran dan pikiran yang tidak bermanfaat. Hasilnya, terjadi penurunan gejala insomnia.

Namun, Anda saat ini tak dapat serta merta mengikuti terapi ini. Pasalnya, klinik yang menjalankan terapi ini masih sangat jarang, karena alasan tenaga profesional yang kurang serta biaya.(AND) (7 Juli 2009)

Sumber :
Iswardani
19 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar